Alamat

Jalan Bangau Sakti/ Mawar No. 98 Panam, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, PEKANBARU - RIAU

Telp/ Fax : 0761 562731 / 562732

Senin, 02 Agustus 2010

Study Banding 2010



SMK Farmasi Ikasari Yayasan Universitas Riau Pekanbaru merupakan satu dari sekian banyak sekolah kejuruan dibidang farmasi yang ditujukan untuk menghasilkan tenaga kesehatan tingkat menengah profesional dan mandiri. Selain mata pelajaran normative dan adaftif, SMK Farmasi Ikasari Pekanbaru juga memmpunyai mata pelajaran produktif atau keahlian farmasi yang diberikan untuk meningkatakan pengetauan dan kemampuan keterampilan dibidang farmasi. Demi memberikan hasil yang maksimal, siswa dituntut untuk mengatahui informasi dan teknlogi bidang ilmu farmasi. Untuk memperkuat pengetahuan mereka maka siswa melakukan studi banding pada pabrik-pabrik farmasi dan universitas yang secara umum dikenal kredibilitasnya secara baik.
Program studi banding ini ditujukan untuk melihat bagaimana peran farmasi dalam membantu menyehatkan bangsa, informasi pembutan obat sesuai dengan standar CPOB dan informasi pendidikan tinggi farmasi di universitas yang credible. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 4 – 11 Juli 2010 dengan objek studi PT. Sanbe di Bandung, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indonesia Yogyakarta serta dilanjutkan dengan rekreasi di pulau Jawa dan Bali.
Dalam program ini, PT. Sanbe, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Islam Indinesia diajukan sebagai tempat studi banding. Pemilihan terhadap ketiga tempat tersebut didasarkan pada alasan bahwa PT. Sanbe merupakan pabrik obat yang terkenal di Indonesia, UGM merupakan universitas dengan jurusan farmasi tertua di Indonesia serta UII adalah universitas swasta dengan jurusan farmasi terbaik di Indonesia tahun 2010. Selain itu dua universitas tersebut memiliki kredibilitas yang cukup baik dalam dunia pendidikan Indonesia.
Kegiatan ini dimaksudkan untuk merealisasikan visi SMK Farmasi Ikasari Yayasan UR Pekanbaru yaitu menjadi sekolah kejuruan dengan kompetensi unggul, professional dan mandiri. Selain menambah wawasan keilmuan siswa tentang cara pembuatan obat yang baik dan ruang lingkup pekerjaan kefarmasian khususnya tenaga asisten apoteker di pabrik farmasi juga bertujuan menambah informasi siswa tentang pendidikan tinggi farmasi yang kedibilitasnya baik di Indonesia.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh SMK Farmasi Ikasari Yayasan UR Pekanbaru dibawah koordinasi wakil kepala sekolah bidang kesiswaan dan humas, diikuti oleh 48 orang yang terdiri dari 42 orang siswa dan didampingi oleh 6 orang guru sebagai pembimbing lapangan. Acara studi banding ini merupakan serangkaian acara sebagai bentuk studi lapangan tentang keilmuan dan lapangan pekerjaan farmasi di Indonesia. Siswa diharapkan dapat menagkap informasi dan menambah pengalaman dan wawasannya tentang keilmuan farmasi. Selain itu kegiatan lain yang dilaksanakan adalah rekreasi siswa dan guru ke pulau dewata Bali. Ini bertujuan untuk menghilangkan kejenuhan siswa selama di sekolah serta dapat menagambil pelajaran tentang keindahan alam ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar