Alamat

Jalan Bangau Sakti/ Mawar No. 98 Panam, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, PEKANBARU - RIAU

Telp/ Fax : 0761 562731 / 562732

Rabu, 10 Maret 2010

Soal UN SMK 2010 ditambah Ujian Teori Keahlian

Sebelumnya, materi pelajaran ujian siswa SMK hanya ada empat, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan ujian praktek. Untuk UN SMK tahun 2010 mata pelajaran yang diujikan jadi bertambah yaitu adanya ujian teori kejuruan atau keahlian.
Model pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun 2010 untuk tingkat SMK akan berbeda dengan SMA/MA. Jika SMA/MA menggunakan sistem baru, yakni silang sekolah, SMK masih menggunakan model lama, yakni peserta UN dari SMK tetap melakanakan ujian di sekolahnya masing-masing.

Anggota Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), Prof Mungin Eddy Wibowo, mengatakan, bahwa model silang peserta hanya dilaksanakan untuk jenjang SMA dan MA saja. Dalam model itu, dapat dipastikan tak ada peserta yang mengerjakan soal UN di sekolahnya sendiri, namun sistem silang tersebut akan diterapkan antarsekolah yang tidak berjarak terlalu jauh untuk memudahkan para siswa.

Nantinya, kata dia, sekolah- sekolah akan dikelompokkan berdasarkan wilayah tertentu. Setiap kelompok akan berisi 4-5 sekolah, dan sistem silang antar-sekolah itu akan diterapkan dalam masing- masing kelompok untuk memudahkan peserta dalam mengikuti UN.

“Sistem silang itu hanya diterapkan untuk siswa SMA dan MA, sementara peserta UN dari SMA Luar Biasa (SMALB), SMK, SMP tetap melangsungkan UN seperti sistem yang digunakan pada tahun lalu, yang menerapkan silang antar-sekolah untuk pengawas, ” kata Mungin, kemarin.

Selain itu, Departemen Pendidikan Nasional memutuskan ada penambahan mata pelajaran ujian nasional 2010 bagi siswa sekolah menengah kejuruan. Mata pelajaran tambahan itu, adalah ujian teori kejuruan atau keahlian. Sebelumnya, materi pelajaran ujian siswa SMK hanya ada empat, yakni Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan ujian praktek.

Lebih berbobot
Menurut Mungin, ditambahkannya mapel itu agar lebih berbobot dan berkualitas. Jika siswa kejuruan tersebut jurusan akutansi, maka teori yang akan diujikan adalah terori akutansi. Begitu juga siswa jurusan mesin, teori yang akan diujikan adalah teori-teori yang terkait dengan mesin.

“Secara umum ujian nasional 2010 memang tidak ada perbedaan yang mencolok dibandingkan ujian tahun ini. Perbedaannya hanya ada penambahan mata pelajaran untuk siswa kejuruan dan adanya ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus dalam ujian utama,” ujarnya.

Ia juga mengatakan, kendati mata pelajaran ditambah, namun kategori kelulusan tidak diubah. Nilai minimal kelulusan tetap dengan ratarata 5,5. Sedangkan jika ada nilai minimal empat juga tidak apa-apa dengan maksimal dua nilai. Ujian sekolah menengah kejuruan tahun ini tetap diselenggarakan bersamaan dengan ujian nasional sekolah menengah atas dan madrasah aliyah.

Era of globalization demands that make the information as a resource acceleration of economic behavior, political, social, and cultural, causing the flow and absorption of information through electronic media is fast-paced too.

Konteks globalisasi ini juga tidak terhindarkan dalam kebijakan yang terkait dengan tata kelola (governance) kelembagaan. Informasi-informasi yang terkait dengan kebijakan-kebijakan pembangunan pendidikan harus secara serta merta menyesuaikan diri dengan tuntutan-tuntutan perubahan masyarakat lokal dalam prospektif global yang serba cepat pula. Kaidah think globally, act locally adalah salah satu cerminan tentang bagaimana informasi di kawasan dunia dan antar negara memiliki peluang yang sangat cepat untuk merubah perilaku budaya lokal setempat melalui penetrasi informasi.

Karena obyek pembangunan pendidikan adalah masyarakat sebagai entitas suatu bangsa, maka informasi yang disampaikan juga harus merupakan media komunikasi yang mengandung makna pendidikan dan pembelajaran, sehingga perubahan perilaku yang diakibatkannya merupakan perubahan perilaku kolektif dari suatu bangsa dalam proses membangun.

Untuk menjawab tantangan inilah laman www.depdiknas.go.id dijadikan salah satu sumber informasi pendidikan dan pembelajaran yang mampu memberikan kontribusi positif dalam merubah perilaku membangun bangsa agar memiliki perilaku membangun yang sarat dengan pengetahuan (knowledge based society).

Jadwal Ujian Nasional SMA/MA, dan SMK Tahun Pelajaran 2009/2010:

* UN Utama (22 — 26 Maret 2010)
* UN Susulan (29 Maret — 5 April 2010)
* UN Ulangan (10 — 14 Mei 2010)

Jadwal Ujian Nasional SMP/MTs dan SMPLB Tahun Pelajaran 2009/2010:

* UN Utama (29 Maret — 1 April 2010)
* UN Susulan (5 — 8 April 2010)
* UN Ulangan (17 — 20 Mei 2010)

Jadwal UASBN Tahun Pelajaran 2009/2010 SD/MI dan SDLB:


* UN Utama (4 — 6 Mei 2010)
* UN Susulan (10 — 12 Mei 2010)

Untuk Download UN SMK 2010 klik di
http://ujiannasional.org/soal-un-smk-2010-ditambah-ujian-teori-keahlian.htm

posting by Taupit Hidayat, S.Farm, Apt

Tidak ada komentar:

Posting Komentar